Kamis, 07 April 2011

“COCOMO”


COCOMO merupakan kependekan dari Constructive Cost Model. COCOMO dalam bahasa Indonesia berarti Model Biaya Konstruktif yaitu sebuah metode untuk mengevaluasi dan / atau memperkirakan biaya perangkat lunak pembangunan.

COCOMO dikembangkan oleh W. Barry Boehm dalam bukunya Economy Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak Ekonomi) pada tahun 1981. W. Barry Boehm adalah seorang insinyur perangkat lunak dari Amerika, TRW Profesor Emeritus Rekayasa Perangkat Lunak di Jurusan Ilmu Komputer dari University of Southhern California, dan dikenal karena banyak kontribusi untuk rekayasa perangkat lunak.

COCOMO adalah model terbuka, sehingga semua rincian dipublikasikan, termasuk : estimasi biaya persamaan yang mendasari, setiap asumsi yang dibuat dalam model (misalnya “proyek ini akan menikmati manajemen yang baik”), setiap definisi (misalnya definisi yang tepat dari fase Desain Produk proyek), biaya termasuk dalam perkiraan secara eksplisit dinyatakan (misalnya manajer proyek termasuk, sekertaris tidak).


“ SEKILAS COCOMO”


Selama bertahun-tahun, manajer dan insinyur perangkat lunak telah menggunakan berbagai model biaya seperti model biaya konstruktif (COCOMO) untuk mendukung biaya perangkat lunak mereka dan proses estimasi. Model ini juga membantu mereka untuk alasan tentang implikasi biaya dan jadwal keputusan pembangunan mereka, keputusan investasi, negosiasi klien dan perubahan yang diminta, keputusan manajemen risiko, dan keputusan proses perbaikan. Sejak saat itu, COCOMO telah dibudidayakan sebuah komunitas pengguna yang memiliki kontribusi terhadap pembangunan dan kalibrasi. COCOMO telah berevolusi untuk memenuhi kebutuhan pengguna sebagai ruang lingkup dan kompleksitas pengembangan sistem sortware telah berkembang. Ini akhirnya mengarah pada versi saat ini model: COCOMO II.2000.3.


“MODEL JENIS COCOMO”


Model jenis COCOMO dibagi menjadi tiga tingkatan dalam hierarki COCOMO yaitu Basic COCOMO (dasar), Intermediatte COCOMO (menengah) dan Detil COCOMO (rinci).

  1. Basic COCOMO : Dengan menggunakan estimasi parameter persamaan (dibedakan menurut tipe sistem yang berbeda) upaya pengembangan dan pembangnan durasi dihitung berdasarkan perkiraan DSI (dasar estimasi instruksi). Dengan rincian untuk fase ini diwujudkan dalam presentase. Dalam hubungan ini dibedakan menurut tipe sistem (organic-batch, sebagian bersambung on-line, embedded-real-time) dan ukuran proyek (kecil, menengah, sedang, besar, sangat besar). Model COCOMO dapat diaplikasikan dalam tiga tingkatan kelas :

    Proyek Organik (Organic Mode) : Proyek dengan ukuran relative kecil, dengan anggota tim yang sudah berpengalaman, dan mampu bekerja pada permintaan yang relative fleksibel.

    Proyek Sedang (Semi-detached Mode) : Proyek yang memiliki ukuran dan tingkat kerumitan yang sedang, dan tiap anggota tim memiliki tingkat keahlian berbeda.

    Proyek Terintegrasi (Embedded Mode) : Proyek yang dibangun dengan spesifikasi dan operasi yang ketat.

  2. Intermediate COCOMO : Persamaan estimasi sekarang mempertimbangkan (terlepas dari DSI) pengaruh faktor-faktor ini adalah atribut produk (seperti kehandalan perangkat lunak, ukuran database, kompleksitas), atribut computer (seperti pembatasan waktu komputasi, pembatasan memori utama), atribut personil (seperti aplikasi pemrograman dan pengalaman, pengetahuan tentang bahasa pemrograman), atribut proyek (seperti lingkungan pengembangan perangkat lunak, tekanan waktu pengembangan).
  3. Detil COCOMO : Dalam hal ini adalah rincian untuk fase tidak diwujudkan dalam presentase, tetapi dengan cara factor-faktor pengaruh dialokasikan untuk fase. Pada saat yang sama, maka dibedakan menurut tiga tingkatan hirarki produk (modul, subsistem, sistem), produk yang berhubungan dengan factor-faktor pengaruh sekarang dipertimbangkan dalam persamaan estimasi yang sesuai. Selain itu detail cocomo dapat menghubungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian terhadap pengaruh pengendali biaya pada setiap langkah (analisis, perancangan, dll) dari proses rekayasa perangkat lunak.

Referensi :

http://wwww.webopedia.com/TERM/C/COCOMO.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Barry Boehm

http://www.softstarsystems.com/overview.htm

http://mit.accademia.edu/RicardoValerdi/Papers/189024/COCOMO-Suite-Methodology-and-Evolution

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/04/cocomo-2/